Connect with us

#DUNIA

KISAH SI ANAK YATIM – VINO

Published

on

Ia menjadi yatim piatu setelah ayah dan ibunya meninggal karena terpapar Covid-19. Kini, bocah kelas tiga SD di kampung Linggang Purworejo, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur itu menjalani isolasi mandiri seorang diri di rumahnya.

Cerita Anak Yatim Di Zaman Nabi yang Menyentuh

Bagaimanakah agaknya cerita anak yatim di zaman nabi ya? Ini menjadi salah satu hal yang menarik kerana kita sebagai umat muslim dapat mengetahui bagaimana kasih sayang nabi kepada anak yatim piatu. Dengan begitu,  kita dapat mencontoh hal-hal baik yang telah nabi lakukan.

Kisah Anak Yatim Piatu Yang Sangat Menyentuh

Apa jadinya jika terdapat tiga bersaudara dengan umur yang masih belia harus kehilangan kedua orang tuanya. Namun inilah yang terjadi, kisah ini berasal dari 3 anak yatim piatu yang bertempat tinggal di Samarinda.

Mereka terdiri dari 2 anak laki-laki dan 1 orang anak perempuan. Anak yang pertama masih berumur 20 tahun, anak yang kedua masih berumur 17 tahun dan yang ke-3 masih berusia 11 tahun. Dengan kondisi ekonomi yang cukup memprihatinkan, anak pertama nak tak nak terpaksa menjadi tulang punggung untuk kedua adiknya.

Cerita Sedih Anak Yatim

Masa pandemik corona yang masih belum berakhir membuat banyak sekali anak yang menjadi yatim karena orang tuanya meninggal. Salah satunya adalah kisah vino yang kedua orang tuanya meninggal kerana virus corona.

Dengar kisah yang cukup menyedihkan membuat siapapun merasa kasihan jika melihat vino. Maka dari itu, banyak orang yang berlumba-lumba untuk membantu vino agar kehidupannya menjadi lebih baik.

Yatim Piatu setelah Ayah dan Ibunya Meninggal karena Covid-19

Kisah Pilu Vino, Bocah 10 Tahun Jadi Yatim Piatu setelah Ayah dan Ibunya Meninggal karena Covid-19. 

 

Ia menjadi yatim piatu setelah ayah dan ibunya meninggal karena terpapar Covid-19. Kini, bocah kelas tiga SD di kampung Linggang Purworejo, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur itu menjalani isolasi mandiri seorang diri di rumahnya. Sang ibu, Lina Safitri (31) meninggal dalam kondisi hamil lima bulan pada Senin (19/7/2021). Sementara sang ayah, Kino Raharjo (31) meninggal keesokan harinya, Selasa (20/7/2021). Diketahui, ayah Vino sehari-hari berjualan pentol keliling di Kutai Barat.

Kronologi ayah dan ibu Vino dinyatakan positif Covid-19

Diberitakan Kompas.com, kisah keluarga perantauan asal Sragen, Jawa Tengah ini berawal sekira tiga pekan lalu. Margono, paman Vino menuturkan, saat itu, adiknya Kino mengalami sakit. Keluarga menduga, dia menderita tipes dan diberi obat karena Kino pernah menderita penyakit itu.

Awalnya, keluarga pun tak mengira jika Kino terpapar Covid-19. Sebab, pada 29 Juni 2021, lanjut Margono, adiknya sudah ikut vaksin dosis pertama, sehingga diduga kondisi itu hanya efek vaksin. Meski kondisinya kurang fit, Kino tetap berjualan pentol keliling dan kehujanan.

Setelah pulang ke rumah, pada hari itu kondisi sakit Kino makin memburuk. “Makan muntah, makan muntah. Sudah diperiksa medis dan diberi obat, tapi enggak kunjung sembuh,” ungkap Margono.

Karena kondisinya terus melemah, akhirnya Kino dibawa ke rumah sakit terdekat, dengan rencana akan dirawatinapkan.

“Tapi, setelah di rumah sakit diperiksa hasil swab positif (Covid-19) tepat 11 Juli. Oleh petugas medis, diberi obat, vitamin, suruh isolasi di rumah,” katanya.

Setelah tahu suami positif Covid-19, sang istri, Lina yang sedang hamil lima bulan langsung menjalani tes swab PCR di puskesmas. Oleh pihak puskesmas, Lina disarankan isolasi di Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar, meski belum keluar hasil pemeriksaan PCR-nya. Alasannya, agar mendapat pendampingan dokter kandungan untuk menjaga kesehatan bayi karena berisiko. Namun, kondisi Lina yang memiliki riwayat asma terus memburuk. Sementara Kino yang awalnya dirawat di rumah kondisinya juga menurun hingga harus dilarikan ke RS.

“Di rumah suaminya juga makin drop. Akhirnya dijemput pihak Rumah Sakit Harapan Insan Sendawar biar perawatan di sana,” ujar Margono.

Kemudian, Vino juga menjalani pemeriksaan dan dinyatakan positif, hanya isolasi di rumah karena tak bergejala.

“Di saat itulah mereka terpisah. Vino di rumah, ayah dan ibunya di rumah sakit hingga meninggal. Ibunya meninggal 19 Juli, ayahnya 20 Juli,” bebernya.

Kondisi Vino

Mengutip dari TribunKaltim.co, Kepala Dinas Kesehatan Kutai Barat, Ritawati Sinaga mengujungi Vino pada Rabu (22/7/2021). Ritawati didampingi pejabat terkait, termasuk Puskesmas, Koramil, Polsek Tering dan aparat Kampung. Kunjungan itu bertujuan untuk memastikan kondisi kesehatan Vino sembari menyerahkan bantuan sosial. Menurut Ritawati, sejauh ini, kondisi Vino dalam keadaan baik dan sehat hanya saja masih terpapar Covid-19

“Memang hasil swab positif Covid-19, tetapi termasuk kategori orang tanpa gejala (OTG),” katanya.

Ia menambahkan, Dinas Kesehatan melalaui Puskesmas Tering akan terus mendampingi Vino. Tetangga temani Vino, tidur di depan pintu beratap tenda.

“Kami sampaikan ke dia, ayah dan ibunya sudah meninggal. Respons dia menangis. Kata dia, kok bisa meninggal, ayah dan ibu kan masih muda,” ujar Margono menirukan perkataan Vino.

“Tapi setelah itu terhibur lagi, banyak keluarga, saudara beri dia makanan, di rumah ramai banyak yang nemani,” katanya.

Penulis: Nanda Lusiana Saputri
Editor: Sri Juliati

Kasih Sayang Rasulullah Kepada Anak Yatim

Terdapat cerita anak yatim zaman nabi yang ditinggal oleh ayahnya, sedangkan ibunya menikah lagi dengan lelaki lain. Namun harta dari si anak telah diambil oleh ayah tiri tersebut dan si anak dihalau oleh ayah tirinya. Sehingga ia pun tidak punya rumah dan kerap kali menangis di jalanan.

Pada saat di jalan, Rasulullah SAW bertemu dengannya dan menanyakan kepadanya mengapa ia bersedih. Lalu anak kecil tersebut menceritakan kisahnya, kemudian Rasulullah mengangkat anak tersebut menjadi keluarganya dan membawanya pulang ke rumah untuk diberikan baju yang layak.

Anak Yatim Yang Ditemui Nabi Muhammad Semasa Dalam Perjalanan Hijrah Adalah

Saat di Madinah Nabi Muhammad bertemu gadis kecil yang menangis sendirian. Kemudian datanglah Nabi Muhammad yang bertanya kepadanya, kenapa tidak bermain dengan teman sebayanya sedangkan hari ini merupakan hari raya. Gadis kecil itu berkata, jika ia sudah tidak memiliki orang tua sehingga dia tidak bisa merayakan dengan orang tuanya.

Karena merasa terenyuh, Nabi Muhammad pun menawarkan diri untuk menjadi ayah dari gadis kecil itu. Kemudian ia pun masuk ke dalam rumah Nabi Muhammad untuk diberikan baju yang cantik, sehingga ia pun bisa bermain dengan teman-temannya.

Sirah Nabawiyah Kisah Anak Yatim

Pastinya kita sering kali mendengar sebuah lagu Sirah Nabawiyah yang merupakan kisah-kisah dari anak yatim. Dengan mendengarkan lagu-lagu seperti ini, tentu akan membuat kita semua mengetahui bagaimana kehidupan mereka. Dengan begitu kita bisa selalu bersyukur, akan kehidupan yang masih lengkap dengan orang tua.

Hadits Tentang Anak Yatim

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:

“Allah akan memberikan pertolongan kepada hambaNya, selama hamba tersebut selalu menolong saudaranya.” hadits riwayat Muslim dan juga ashabus sunan Dari abu Hurairah.

Hal ini pun juga berkaitan erat dengan memberikan pertolongan kepada anak yatim. Bukan hanya mendapatkan pertolongan, tapi akan selalu dilindungi oleh pahala dan keberkahan rezeki.

Dengan ada banyak sekali cerita anak yatim di zaman Nabi, maka hal tersebut telah membuktikan bagaimana rasa cinta Rasulullah kepada mereka. Kita sebagai umatnya pun juga harus meniru perbuatan baik tersebut. Dengan cara menyumbangkan sebagian harta kepada panti asuhan yang membutuhkan.

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

#DUNIA

(GAMBAR) Surya Manurung “TIKTOKERS INDONESIA” Penderita Sindrom Langka Berkahwin!

Published

on

By

SURYA

Baru-baru ini warganet telah dihebohkan dengan postingan terbaru dari Surya Manurung yang menunjukkan momen Bahagia di saat pernikahannya.

surya

Setelah itu, ribuan doa pun membanjiri ruangan komen Tiktok Surya Manurung tersebut. Banyak netizen yang berharap bahwa perkara itu bukan gimik atau lakonan sahaja.

Dalam postingan tersebut, ia tampak merasa bahagia mempersunting wanita cantik di sampingnya. Surya Manurung pun merasa bersyukur telah rasmi melepas masa bujangnya. Hal itu terlihat dalam keterangan yang diletakkan pada postingannya itu.

surya

“Alhamdulillah Ya Allah,” tulisnya seperti dikutip dari akun TikToknya Surya Manurung.

Seperti yang telah diketahui, Surya Manurung merupakan seorang lelaki yang divonis memiliki kelainan genetik sindrom baber say. Namun, ia tak merasa malu dengan hal itu. Justru ia tampak memperlihatkan kehidupannya di berbagai media sosial, sehingga mampu menginspirasi banyak orang.

Netizen pun ramai-ramai menunjukkan kebahagiaannya dengan mempersembahkan doa-doa terbaiknya. Banyak warganet yang mendoakan agar keluarga Surya Manurung dan isterinya sentiasa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

surya

Inilah sesetengah komen dari netizen Indonesia yang dapat dibaca di ruangan komen tiktok Surya Manurung.

“Semua sempurna di mata orang yang tepat,” ujar @mawarkinanti199.

“Istrinya cakep masya Allah,” kata @RZQamelia menambahkan.

“Semoga menjadi keluarga samawa ya, Bang,” timpal akun TikTok @scotermatic.

Meskipun begitu, tak jarang pula netizen yang cemas dan berharap agar pernikahan tersebut bukan hanya sekedar gurauan atau gimik.

“Terharu gua cuy, semoga sii cewek bener-bener tulus, aamiin,” ujar @NotYourType mendoakan.

“Merinding bulu gue, semoga benar-benar bukan settingan,” tulis akun @yescy menimpali.

Namun, hal itu diyakinkan oleh seorang warganet yang memiliki akun @Awasadacinta. Ia meyakini bahwa pernikahan tersebut memang benar.

“MasyaAllah, ini memang beneran, ini anak temanku (Sarmon) Dumai, semoga SAMAWA yaa Ananda,” tulisnya.

surya

Hingga kini, postingannya tersebut telah mendapatkan lebih dari 52 ribu like dan lebih dari dua ribu komen dari warganet yang menunjukkan perasaan bahagianya.

Inilah yang dikatakan jodoh tidak mengenal rupa. Keikhlasan hati lah yang sebenar-benarnya perlu dilihat. Semoga bahagia hingga ke akhir hayat buat kedua pasangan Surya dan isterinya.

SUMBER: SUARAJOGJA

Continue Reading

#DUNIA

Anda akan dibayar RM67,156 jika pindah ke Sardinia!

Published

on

By

sardinia

Geran berjumlah 12,700 pound (RM67,156). Inilah yang ditawar Kerajaan Sardinia, Itali sebagai insentif bagi mereka yang sanggup berpindah ke pulau tersebut.

sardinia

View of the harbor with luxury yachts of Porto Cervo, Sardinia, Italy. The town is a worldwide famous resort and a luxury yacht magnet and billionaires’ playground

Lap0r Daily Mail, geran yang menarik itu merupakan sebahagian daripada skim bagi menggalakkan orang ramai membeli rumah usang dan mengubahsuainya serta memulakan perniagaan baharu di kawasan luar bandar Itali.

Syarat yang dikenakan adalah tanah yang dimaksudkan mesti terletak di kawasan dengan populasi kurang 3,000 penduduk kerana bandar tersebut memerlukan peningkatan ekonomi yang ketara.

Geran hanya akan diberikan kepada mereka yang benar-benar merancang untuk tinggal di sana sepenuh masa.

sardinia

Sebanyak 38 juta pound (RM200 juta) sudah dibayar sebagai inisiatif yang bertujuan membantu menarik orang ramai ke kawasan luar bandar. Ini bagi meningkatkan perdagangan di bandar-bandar kecil dengan memberikan bantuan kewangan kepada pembeli rumah.

Sardinia ialah pulau kedua terbesar di Mediterranean. Pulau itu juga dianggap sebagai permata semula jadi dengan sejarah budaya yang kaya dengan lebih 1,000 batu pantai berpasir.

Selain itu, bandar pelabuhan yang indah serta masih mengekalkan tinggalan zaman gangsa yang dibina sejak 1,500 sebelum Masihi.

Namun, pulau itu sama seperti kawasan luar bandar Itali lain yang mengalami masalah populasi yang semakin berkurangan. Ekonomi juga lembap selepas generasi muda mula berpusu-pusu ke bandar besar untuk bekerja.

Presiden Sardinia, Christian Solinas berkata, pihaknya sudah meletakkan syarat kepada golongan muda membuat keputusan untuk kekal hidup di sini dan membangunkan ekonomi wilayah yang merudum.

“Kita berterima kasih kepada sumbangan pembeli rumah pertama. Sardinia menjadi tanah subur bagi mereka yang akan berpindah ke sana atau memutuskan untuk berkeluarga di sini.

sardinia

“Tidak mungkin ada pertumbuhan tanpa peningkatan sebenar wilayah dan kawasan paling kurang bernasib baik yang mesti melalui dasar baharu untuk mengembangkan populasi semula,” katanya.

Namun, ada pepatah mengatakan “Hujan emas di negeri orang, Hujan batu di negeri sendiri” Lebih baik di negeri sendiri.

SUMBER: UTUSAN

Continue Reading

#DUNIA

IBU BAPA SIBUK “KARAOKE” KANAK-KANAK 3 TAHUN M4UT JATUH DARI TINGKAT 3!

Published

on

By

JATU

Riau; Mal4ng tak berbau. Lantaran lalai dan sibuk berkaraoke hingga pagi buta, ibu bapa ini kehil4ngan cahaya mata berusia 3 tahun.

JATU

Menurut lap0ran Liputan6, ibu bapa yang sedang berkaraoke tidak menyedari anak lelaki 3 tahun m4ut dalam keadaan tr4gis selepas terja,tuh dari tingkat 3 di Hotel Grand Central, Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, Indonesia pada jam 3.30 pagi waktu tempatan.

Disedari Pak Guard, Pengurus Hotel

JATU

Kejadian yang menimpa kanak-kanak lelaki itu hanya disedari pengawal keselamatan dan pengurus hotel yang ketika itu berada di pos belakang hotel sebelum ternampak sesuatu terja,tuh di halaman hotel tersebut.

Apabila dihampiri, alangkah terke,jutnya mendapati objek tersebut adalah jas4d seorang kanak-kanak yang sudah mening,gal dunia dalam posisi berbaring.

“Saksi yang melihat mang,sa berlumu,ran d4rah kemudian segera membawanya ke h0spital dengan kenderaan milik hotel,” kata Ketua Unit Siasatan Jen4yah P0lis Pekanbaru, Kompol Andrie Setiawan.

Saksi yang berada di tempat kejadian sempat mendongak ke atas dari lokasi mangsa terjatuh. Dia mendapati tingkap bilik pada aras 3 hotel itu terbuka.

Mereka kemudian cuba memasuki bilik bernombor 328 berkenaan tetapi tidak berjaya.

“Disebabkan tiada orang membuka pintu, kerani hotel membuka bilik dengan kunci utama. Bilik itu kosong dan tingkap terbuka,” tambahnya.

Ibu Ayah Pergi Karaoke Tingkat Bawah Hotel

Kira-kira 10 minit kemudian, ibu bapa mangsa yang juga warga dari bandar Lampung iaitu Muhammad Rizky Ravaneli, 22 dan  Okta Reviani Heni, 23 tahun kembali ke bilik mereka. Mereka yang tidak mengetahui perihal kema.langan itu mula mencari si kecil berkenaan namun tidak ditemui.

Pasangan muda itu berkata mereka tidak berada di dalam bilik hotel kerana berkaraoke di sebuah ruang karaoke di tingkat bawah hotel.

JATU

Saksi kemudian mengarahkan ibu bapa kanak-kanak itu ke lobi dan menerangkan keadaan.

H0spital Syafira

“Mangsa yang telah dibawa ke H0spital Syafira disahkan meningg4l dunia, Mangsa kemudian dibawa ke H0spital Bhayangkara P0lis Riau untuk be,dah sia,sat,” kata Andrie.

Kejadian ini wajar dijadikan pengajaran, khususnya golongan ibu bapa dan mereka yang bergelar penjaga kanak-kanak. Hanya kepada kita insan-insan kecil ini mengharapkan perlindungan.

H0spital Bhayangkara

Bukan sahaja ditinggalkan sendirian di rumah, kanak-kanak tidak boleh dibiarkan sendirian tanpa pengawasan sama sekali.

Menurut Jabatan Kesihatan dan Hal Ehwal S0sial AS, kanak-kanak tidak sepatutnya ditinggalkan di dalam kereta, taman permainan atau di mana sahaja tanpa pengawasan.

Hal ini kerana kanak-kanak di bawah umur berkenaan tidak dapat menentukan yang mana selamat dan yang mana tidak. Mereka lebih mementingkan keser0nokan sendiri seperti bermain berbanding keselamatan diri sendiri.

Hotel Grand Central Pekanbaru

Kempen Keselamatan Kanak-Kanak di Amerika Syarikat (AS) membataskan hanya kanak-kanak berusia 12 tahun ke atas boleh ditinggalkan sendirian di rumah.

Manakala bagi sesetengah negeri di sana terdapat had umur tersendiri seperti Illinois, 14 tahun, Maryland, 8 tahun, manakala Oregon, 10 tahun.

Selain umur dan kematangan, kanak-kanak perlu didedahkan dengan kemahiran tertentu apabila berdepan situasi kece,masan.

Takziah buat ibu bapa tersebut serta keluarga mereka. Semoga kes sebegini tidak akan berulang lagi dan menjadi iktibar buat para ibu bapa dan penjaga lain.

SUMBER: HARMAGIDUN

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Nz digital Family